Skripsi, I am coming!

Skripsi, satu untaian kata yang penuh dengan makna bagi mahasiswa, dan sangat menghantuinya sebagian mahasiswa yang sering teledor terhadap perkuliahannya. Perasaan tersebut dicampur dengan adanya ketakutan yang timbul disebabkan oleh kebingungannya dalam menentukan judul yang akan diajukan, takut dengan dosen pembimbing yang killer, atau tidak tahu apa yang harus dijadikan sebagai penelitian. 

Kebingungan yang bermuara dalam pikiran tersebut, harus dituntaskan dengan segera sebelum membudayanya penyakit malas yang berkelanjutan untuk mengerjakannya. Setidaknya terdapat beberapa cara yang bisa memotivasi siapa saja untuk kembali mengerjakannya, seperti berikut ini.

Meniatkan kembali ingin mengerjakan. Niat ini harus menjadi pondasi awal dalam mengerjakan sesuatu, apalagi skripsi. Bagi kamu yang tengah separu niat untuk mengerjakan skripsinya, mari bulatkan tekad kembali saat ini juga. 

Yakin kalo kita bisa. Keyakinan yang menyala-nyala dalam diri dalam mengerjakan sesuatu, pasti akan senantiasa mendorong apa yang ingin kita lakukan, begitu pula skripsi.

Minta doain sama orangtua kita. Doa dari kedua orangtua itu konon katanya ijabahnya lebih mudah diterima, sehingga jangan pernah sampai lupa minta doa dari keduanya ya.

Mencari judul penelitian yang bisa buat kita tertarik mengerjakan. Menentukan judul yang ala kadarnya, dikhwatirkan akan berubah menjadi momok tersendiri bagi pelakunya. Hal ini disebabkan ketidakpahamannya terhadap judul penelitian yang diajukan, dan pada akhirnya membuatnya bingung bagaimana untuk memulainya.

Referensi mudah ditemukan. Jangan bikin judul skripsi yang aneh kedengarannya, hingga nantinya kita kebingungan mencari rujukan yang ingin digunakan. Kata dosen ane, semakin banyak referensi yang digunakan, semakin cakep lho skripsinya.

Menentukan metode penelitian yang kita pahami. Adanya metode dalam penelitian berfungsi sebagai alat yang membantu langkah-langkah yang ingin kita terapkan dalam penelitian.

Memilih dosen pembimbing yang klop. Pilihlah dosen yang tidak cuma akrab sama kita, tapi juga kompeten dengan judul yang kita pegang.

Selain saran di atas, kamu juga hendaknya menentukan targetmu dalam mengerjakannya. Rajin & konsisten mengerjakannya, mengurangi kebiasaan bersantai, lalu menentukan poin-poin yang akan dikonsultasikan dengan dosen pembimbing. Dan juga jangan lupa untuk rajin mendatangi teman yang sedang wisuda dan kunjungi undangan pernikahan agar menimbulkan motivasi kamu untuk mengerjakannya ya.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar